Catatan Ilmu Pengetahuan Sosial

Jurnal Khusus Koperasi

Jurnal khusus koperasi dibuat apabila koperasi itu bergerak dalam bidang perdagangan, sehingga aturannya hampir sama dengan akuntansi perusahaan dagang. Jurnal khusus yang diperlukan sebanyak 4 buah ditambah 1 jurnal umum. Jurnal yang dimaksud adalah:

1. Jurnal Khusus penerimaan kas atau jurnal kas masuk
     Jurnal ini digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan penerimaan uang tunai dari segala sumber. Sumber-sumber yang termasuk dalam jurnal penerimaan kas berasal dari penerimaan simpanan dari anggota (pokok, wajib, dan sukarela), penjualan tunai, pelunasan simpan pinjam, pelunasan piutang, dan pendapatan-pendapatan tunai lainnya (kolom serba-serbi).


2. Jurnal pengeluaran kas atau junal kas keluar
    Jurnal ini digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran uang tunai untuk segala keperluan. Pengeluaran-pengeluaran itu antara lain untuk pembelian barang dagangan secara tunai, pembayaran utang, pemberian piutang kepada anggota, dan pembelian-pembelian tunai lainnya (serba-serbi). Demikian pula untuk pembayaran beban-beban koperasi.


3. Jurnal Penjualan
    Jurnal penjualan ini digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan maupun barang-barang lain secara kredit baik kepada anggota maupun bukan anggota. Sehingga dalam format jurnal ini dipisahkan penjualan kepada anggota dengan penjualan pada bukan anggota. Penjualan barang-barang selain barang dagangan dimasukkan ke dalam kolom serba-serbi.


4. Jurnal pembelian
    Jurnal ini digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan maupun barang lain secara kredit baik dari anggota maupun bukan anggota.

5. Jurnal umum
      Jurnal ini digunakan untuk mencatat transaksi yang tidak dapat dimasukkan ke dalam jurnal khusus. Yang termasuk dalam kategori jurnal umum adalah transaksi pengembalian barang dagangan, penyusutan harta tetap, perhitungan barang yang rusak atau hilang, dan untuk mencatat pembagian SHU setiap periode.


Demikian pembahasan mengenai Jurnal Khusus Koperasi, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian...



@



1 comments - Skip ke Kotak Komentar

galwaipache said...

No deposit casino bonus codes - SBJ
Most of 브라 밝기조절 these bonuses are good to use to attract new 온라인포커 players; they are 바카라신규가입쿠폰 also good 바카라그림보는법 to keep in mind when signing up, as the 리턴벳 bonuses and promotions

Post a Comment - Kembali ke Konten

Jurnal Khusus Koperasi