Catatan Ilmu Pengetahuan Sosial

Produksi dan Faktor Produksi

A. Pengertian Produksi
    Pengertian produksi dapat dilihat dari dua arti, yaitu dalam arti sempit dan arti luas. Produksi dalam arti sempit yaitu “merubah bentuk barang-barang baru”, sedangkan dalam arti luas yaitu “setiap usaha yang menimbulkan kegunaan (utility)”.
    Dapat pula dikatakan bahwa Produksi adalah:
    “Segala kegiatan yang mempertinggi faedah barang, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia”.
    Apabila kita perhatikan pengertian di atas, bahwa usaha atau kegiatan produksi dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung.
    Produksi langsung adalah produksi yang menggunakan factor-faktor produksi alam dan tenaga kerja sedangkan Produksi tidak langsung sudah mempergunakan faktor produksi turunan yaitu modal dan keahlian.

B. Macam-Macam Faktor Produksi
    Untuk dapat berlangsungnya proses produksi dan kontinuitas prusahaan, maka diperlukan adanya faktor-faktor produksi yang dapat diorganisir. Yang dimaksud dengan faktor produksi adalah alat-alat yang diusahakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Terdiri dari:
    1. Faktor alam
       Kekayaan alam yang terkandung di dalamnya merupakan sumber daya yang potensial untuk berlangsungnya suatu proses prouksi. Faktor produksi alam ini mutlak harus ada apabila tidak ada, produksi tidak bisa berlangsung.
    2. Faktor tenaga kerja
       Menurut pengertian ekonomi, tenaga kerja adalah “suatu kegiatan manusia baik jasmani maupun rohani yang ditujukan untuk berproduksi”. Sumber tenaga kerja ada dua, yaitu:
       a. Kerja Rohani
          Yaitu pekerjaan ini berasal dari perasaan dan pikiran tetapi sangat membantu dalam proses produksi.   Misalnya kerja para pemimpin.
       b. Kerja Jasmani
          Yaitu pekerjaan yang berasal dari tubuh kasar atau fisik untuk sumbangan dalam suatu proses produksi.
    3. Faktor modal
       Modal diartikan secara sederhana ysitu alat yang dapat mempermudah untuk menghasilkan barang dan jasa. Tetapi modal dalam pengertian ekonomi adalah: “setiap barang yang dihasilkan dan dapat digunakan untuk menghasilkan barang selanjutnya”.
 
Sumber: Bintari, A, Dra Titin Suprihatin. 1988. Ekonomi & Koperasi. Bandung: Ganeca Exact Bandung.




@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Produksi dan Faktor Produksi