Catatan Ilmu Pengetahuan Sosial

Usaha Pencegahan Masalah Pengelolaan Kelas (Dimensi Preventif)

   Tindakan pengelolaan kelas adalah tindakan yang dilakukan oleh guru dalam rangka penyediaan kondisi yang optimal agar proses belajar mengajar berlangsung efektif. Tindakan guru tersebut dapat berupa tindakan pencegahan yaitu dengan jalan menyediakan kondisi baik fisik maupun kondisi sosio-emosional sehingga terasa benar oleh siswa rasa kenyamanan dan keamanan untuk belajar. Tindakan lain dapat berupa tindakan korektif terhadap tingkah laku siswa yang menyimpang dan merusak kondisi optimal bagi proses belajar mengajar yang sedang berlangsung.
   Dimensi  yang terakhir ini dapat terbagi dua yaitu tindakan yang seharusnya segera dimbil guru pada saat terjadi gangguan (dimensi tindakan) dan tindakan penyembuhan terhadap tingkah laku yang menyimpang yang berlanjut terjadi agar penyimpangan tersebut tidak gberlarut-larut.
   Dimensi pencegahan dapat merupakan tindakan guru dalam mengatur lingkungan belajar, mengatur siswa, mengatur peralatan dan lingkungan sosio-emosional.

   Demikian pembahsan mengenai Usaha Pencegahan masalah pengelolaan kelas (dimensi preventif), semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian...



@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Usaha Pencegahan Masalah Pengelolaan Kelas (Dimensi Preventif)