Menurut Suhardjo (1995), modul merupakan materi yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut, dengan tujuan sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa. Sementara itu, menurut Russell dalam Suhardjono (1995), merupakan suatu paket pembelajaran berkaitan dengan unit pelajaran (subject matter) terkecil memuat sebuah konsep tunggal. Suatu modul merupakan upaya untuk membelajarkan siswa secara individual dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa menguasai satu unit pelajaran sebelum pindah ke unit yang lainnya.
Manfaat atau kelebihan modul antara lain: (1) memungkinkan penyajian pembelajaran yang seragam pada kelas besar, tetapi landasan belajar ecara individual lebih tinggi, (2) adanya fleksibilitas bagi siswa dan guru untuk pembelajaran unit kecil pelajaran yang dapat disusun dalam suatu format yang beraneka ragam; (3) menyiapkan kebebasan siswa yang maksimal dalam belajar secara independen; (4) menyiapkan partisipasi aktif siswa; (5) bila digunakan secara baik,membebaskan guru mengajar materi yang sama secara berulang-ulang dalam suatu kelas; dan (6) dapat dirancang untuk membangkitkan interaksi antarsiswa dalam belajar.
Demikian pembahasan mengenai modul, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian…
Sumber: Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Demikian pembahasan mengenai modul, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian…
Sumber: Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
@
Tagged @ PTK
0 comments:
Post a Comment - Kembali ke Konten