Catatan Ilmu Pengetahuan Sosial

Munculnya Gerakan Reformasi

     Reformasi merupakan suatu perubahan tatanan perikehidupan lama dengan tatanan perikehidupan yang baru dan secara hukum menuju ke arah perbaikan. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaharuan dan perubahan terutama perbaikan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, dan hukum.
    Reformasi merupakan formulasi menuju Indonesia baru dengan tatanan baru. Buah perjuangan dari reformasi itu tidak dapat dipetik dalam waktu yang singkat, namun membutuhkan proses dan waktu. Bahkan hasil reformasi yang baru dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara bertahap, sehingga perlu adanya agenda informasi untuk memprioritaskan mana yan lebih dulu dilaksanakan. Lebih lanjut perlu juga dilakukan control atas reformasi, agar pelaksanaan reformasi tepat pada tujuan dan sasarannya.
    Reformasi yang tidak terkendali akan kehilangan arah dan bahkan cenderung melanggar norma-norma hukum, sehingga tidak akan membawa perbaikan dalam kehidupan masa depan masyarakat Indonesia.
    Masalah yang sangat mendesak, adalah upaya untuk mengatasi kesulitan masyarakat banyak tentang masalah kebutuhan pokok (sembako) dengan harga yang terjangkau oleh rakyat. Pada waktu itu, harga kebutuhan pokok
    Sementara itu, melihat situasi politik dan kondisi ekonomi Indonesia yang semakin tidak terkendali, rakyat Indonesia menjadi semakin kritis dan menyatakan bahwa pemerintahan Orde Baru tidak berhasil menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu, munculnya gerakan reformasi bertujuan untuk memperbaharui tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Beberapa agenda reformasi yang disuarakan para mahasiswa antara lain sebagai berikut.
a. Adili Soeharto dan kroni-kroninya.
b. Amandemen UUD 1945.
c. Penghapusan Dwifungsi ABRI.
d. Otonomi daerah yang seluas-luasnya.
e. Supremasi hukum.
f. Pemerintahan yang bersih dari KKN.
Demikian pembahasan mengenai Munculnya Gerakan Reformasi, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian…

Sumber: Badrika, Wayan. 2006. Sejarah untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.



rakyat sempat melejit tinggi, bahkan warga masyarakat harus antri untuk membelinya.


@



0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Munculnya Gerakan Reformasi